kemaren admin udah ngasih tau tips marketing jilid I..sekarang lanjutannya..cekidotdot
Jangan Membiarkan Pelanggan Menunggu karena Respon Kita yang Lambat
Kecepatan pelayanan terutama yang berbisnis online (toko online) sangatlah penting. Menurut pengalaman, tidak menjawab pertanyaan pelanggan lebih dari3 menit akan membuka kesempatan kompetitor masuk, dan daaaah…pelanggan bisa meninggalkan kita.
Jikapun terpaksa harus membuat pelanggan menunggu, isilah waktu tunggu pelanggan dengan hal-hal yang menyenangkannya, yang membuatnya lupa kalau dia sedang menunggu pelayanan anda. Misalnya dengan memberikan pelayana ekstra, musik, atau hal lain yang mungkin dan disesuaikan dengan keadaan.
Jangan Diskriminatif
Lakukan standar pelayanan yang sama pada semua orang. jangan diskriminatif hanya karena kulit, penampilan apalagi SARA. Standar pelayanan harus sama pada semua orang. Ajarkan pegawai anda untuk melakukan pelayanan sesuai SOP yang anda buat di bisnis anda. Anda belum punya SOP? Bikin dong!
Jika harus melakukan perbedaan pelayanan pada pelanggan dengan prioritas tinggi, maka pisahkan ruangannya dengan pelanggan biasa. Seperti yang banyak dilakukan oleh BANK-BANK pada pelanggan prioritasnya, yang mempunyai ruangan khusus terpisah dengan pelanggan biasa, dan tidak terlihat oleh pelanggan biasa.
Jangan Menyerahkan Sepenuhnya Pada Karyawan
Meski kita memiliki kegiatan yang padat dan banyak karyawan, sebaiknya jangan serta-merta melepas penanganan pelanggan kepada mereka sepenuhnya. Sesekali ada baiknya kita sebagai pemilik usaha secara langsung melayani atau setidaknya menyapa pelanggan, mereka akan sangat merasa di hargai jika dilayani oleh pemilik usahanya langsung, maka dari itu luangkan waktu untuk sekali-sekali berbicara dengan mereka.
Jangan Memperlihatkan Kegelisahan
Selalu tersenyum meski keadaan sedang tidak baik. Terkadang dalam perjalanan usaha sering kita mendapatkan hal yang tidak menyenangkan, sebaiknya jangan perlihatkan kondisi tersebut pada saat melayani pelanggan. Raut wajah yang muram, marah, gelisah, malas adalah sesuatu yang tidak patut kita perlihatkan kepada mereka, meski sulit sebaiknya tinggalkan dahulu perasaan-perasaan tersebut jika sedang menghadapi pelanggan.
Latihlah diri anda untuk tetap ramah dan menyenangkan bagi pelanggan meski suasana hati anda sedang tidak baik. Berlakulah seperti artis atau pelawak panggung yang selalu gembira diatas panggung meski dalam kehidupan nyata mereka sedang menghadapi persoalan rumit.
besok tips marketing jilid III oke sahabat..
#tda #tipsmarketing #ukmmedan #komunitassosial
www.tdamedan.org
sumber : http://kampungwirausaha.com/
No comments:
Post a Comment